Ingin Buat Film Ala Wes Anderson? Kenali 5 Ciri Khas Visualnya Berikut

Kamis, 04 Mei 2023 | 08:08 WIB   Reporter: Christ Penthatesia
Ingin Buat Film Ala Wes Anderson? Kenali 5 Ciri Khas Visualnya Berikut

ILUSTRASI. Film Wes Anderson memiliki beberapa ciri khas unik yang perlu diketahui sebelum membuat video TikTok ala-ala Wes Anderson.


MEDIA SOSIAL - Tak semua video ala Wes Anderson di TikTok berhasil menampilkan gaya khas dari sang sutradara populer ini.

Ada beberapa ciri dan gaya khas yang membuat sebuah video bisa dikatakan memiliki gaya Wes Anderson.

Bagi yang ingin membuat video ala-ala Wes Anderson di TikTok, kenali beberapa ciri khas video Wes Anderson ini dulu.

Baca Juga: Jadi Inspirasi Video Aesthetic TikTok, Ini 5 Film Garapan Sutradara Wes Anderson

Simetris

Gaya utama dari pengambilan gambar ala Wes Anderson adalah simetris. Hal inilah yang membuat semua karya Wes Anderson menjadi unik.

Laman New York Times menjelaskan bahwa saking simetrisnya bahkan garis lurus pada film Wes Anderson bisa dilihat dengan mata telanjang. Framing simetris dari objek, karakter, maupun lokasi ini pun nampak seperti foto-foto portrait yang tegak dan tegas.

Gaya quirky

Gaya quirky adalah ciri khas lain dari film-film garapan Wes Anderson. Gaya quirky adalah gaya yang eye-catching, memiliki nuansa atau tema sendiri, serta penggunaan aksesoris yang tak biasa.

Gaya ini membutuhkan perhatian yang detail karena harus terlihat unik dan tidak biasa. Gaya quirky pada karya Wes Anderson bisa terlihat jelas dari penggunaan kostum, sepatu, hingga aksesoris dari karakternya.

Baca Juga: Sinopsis Guardian of the Galaxy Vol. 3, Tayang di Bioskop Indonesia Mulai Hari ini

Warna

Dikenal sebagai sutradara yang sangat perhatian dengan hal-hal detail, warna pun juga turut diperhatikan dalam karya Wes Anderson. Palet warna yang digunakan dalam film-film garapannya memiliki ciri unik sendiri yaitu menggunakan warna pastel.

Tak hanya itu, laman Video Maker menjelaskan bahwa setiap film yang digarap Wes Anderson memiliki palet berbeda tergantung dari tema cerita, karakter, dan suasana atau setting yang bisa memperkuat alur storytelling.

Shot panjang

Hal lain yang juga jadi ciri khas karya Wes Anderson adalah gaya pengambilan gambarnya. Long takes atau durasi shot yang panjang jadi ciri khas film-film Wes Anderson.

Dalam gaya ini durasi pengambilan gambar dalam satu shot akan dilakukan lebih panjang dari biasanya. Tujuannya adalah untuk menambahkan kesan natural dalam cerita yang ingin disajikan.

Judul bab dan musik

Ciri khas lain yang menarik dari film Wes Anderson adalah memiliki judul bab dalam setiap filmnya. Hampir semua film yang digarap Wes Anderson memiliki pembagian bab yang ditandai dengan adanya judul bab.

Hal ini yang kemudian menjadi ciri khas karakter unik dari karya-karya Wes Anderson. Selain itu, kebanyakan musik yang digunakan dalam film Wes Anderson adalah musik instrumental. Musik-musik dari era 60-70an adalah beberapa jenis musik yang sering digunakan pada karyanya.

Nah, udah tahu kan sekarang ciri khas dan gaya film Wes Anderson? Coba praktikkan, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru