4 Film Korea yang Diangkat Dari Kisah Nyata! Anda Sudah Nonton yang Mana?

Senin, 25 April 2022 | 09:10 WIB   Reporter: Christ Penthatesia
4 Film Korea yang Diangkat Dari Kisah Nyata! Anda Sudah Nonton yang Mana?


KONTAN.CO.ID - Film Korea merupakan salah satu film yang banyak digemari pecinta film karena ceritanya yang beragam. Banyak juga film Korea yang mengadaptasi filmnya dari kisah nyata.

Biasanya untuk mengenangkan sebuah peristiwa yang terjadi di Korea, sebuah film akan dibuat berdasarakan cerita tersebut. Tak jarang bahkan film-film ini bahkan meraih perhatian dan popularitas dari publik Korea maupun luar Korea.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi film Korea yang ceritanya diadaptasi dari kisah nyata.

A Taxi Driver

Film yang dibintangi Song Kang Ho ini merupakan film nyata yang menceritakan tentang kisah peristiwa pemberontakan di Gwangju pada tahun 1980. Cerita dalam film ini bermula dari seorang pengemudi taxi yang mendapatkan penumpang seorang jurnalis Jerman. Jurnalis tersebut memiliki tugas untuk meliput demo besar-besaran yang dilakukan oleh mahasiswa di Gwangju.

Tanpa sengaja supir taksi tersebut malah menjadi rekan sang jurnalis dalam meliput dan menyiarkan tragedi yang terjadi di Gwangju. Dari mulai kekerasan hingga pelanggaran HAM yang dilakukan polisi kepada mahasiswa diabadikan dan menjadi bukti kekerasan yang terjadi di Gwangju pada masa itu.

Birthday

Tragedi tragis tenggelamnya kapal Sewol di Korea pada tanggal 16 April 2014 menyisakan luka mendalam bagi keluarga korban yang ditinggalkan. Kisah dari tragedi tersebut kemudian diabadikan menjadi sebuah film yang berjudul Birthday.

Film ini menceritakan tentang kisah sebuah keluarga yang anaknya menjadi korban tragedi kapal Sewol. Setelah anak laki-lakinya menjadi korban dalam tragedi kapal Sewol, keluarga Suho masih diliputi kesedihan dan kerinduan akan kehadiran Suho, terutama mendekati hari ulangtahunnya.

Baca Juga: Suka Film Penipuan? Jangan Ketinggalan Nonton 4 Film Legendarisnya Ini, Ya!

Memories of Murder

Disutradarai oleh Bong Joon Ho, film ini mengangkat kisah nyata pembunuhan berantai pertama yang terjadi di Korea pada tahun 1986. Dua orang detektif ditugaskan untuk mengungkap siapa dalang dibalik pembunuhan berantai yang sadis tersebut.

Kisah pembunuhan berantai ini dikenal sebagai pembunuhan Hwaseong oleh warga Korea. Film ini juga dibintangi oleh Song Kang Ho bersama dengan Kim Sang Kyung, dan Kim Roi Ha.

Hope

Film Hope juga merupakan film Korea yang diangkat dari kisah nyata seorang gadis yang mengalami kekerasan seksual. Kisah yang memilukan ini bahkan membuat siapa pun yang menonton filmnya akan meneteskan air mata.

So Won adalah gadis kecil yang tinggal bersama kedua orang tuanya dengan bahagia. Ketika ia sedang berangkat ke sekolah, ia diperkosa oleh seorang pria secara brutal. So Won bahkan mendapatkan luka secara fisik dan trauma secara mental. Namun hukuman tidak setimpal diperoleh oleh pelakunya karena berdalih mabuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru