Taylor Swift Rajai Tangga Lagu AS dengan "The Tortured Poets Department"

Senin, 29 April 2024 | 07:31 WIB Sumber: Reuters
Taylor Swift Rajai Tangga Lagu AS dengan

ILUSTRASI. Taylor Swift Rajai Tangga Lagu AS dengan "The Tortured Poets Department". (AAP Image/Joel Carrett)


MUSIK - Los Angeles - Bintang pop papan atas Taylor Swift kembali mendominasi tangga lagu Amerika Serikat dengan album terbarunya, "The Tortured Poets Department."

Berdasarkan laporan Billboard pada Minggu (28/4), album ini terjual sebanyak 2,61 juta unit, yang meliputi album fisik dan streaming, pada pekan pertama perilisannya. Angka tersebut menjadikan "The Tortured Poets Department" debut di peringkat pertama tangga lagu Billboard 200.

Penjualan album fisik "The Tortured Poets Department" mencapai 1,91 juta unit pada pekan yang berakhir 25 April. Angka ini mencakup penjualan album digital, CD, kaset, dan yang menarik, 859.000 unit vinyl, menurut data dari Luminate yang dikutip Billboard.

Kesuksesan album ini tak hanya diraih dari penjualan fisik. "The Tortured Poets Department" juga mencatat rekor streaming terbesar untuk sebuah album dalam sejarah, yakni 891,34 juta streaming. Torehan ini menjadikan album Swift sebagai yang terlaris di tahun 2024 sejauh ini.

Bagi Swift sendiri, "The Tortured Poets Department" menorehkan prestasi sebagai album ke-14 miliknya yang memuncaki tangga lagu Billboard 200. Angka ini membuatnya imbang dengan Jay-Z sebagai peraih posisi nomor satu terbanyak di antara artis solo.

Baca Juga: Nonton Film Siksa Neraka dan Sinopsis, Rekomendasi Film Horor Terbaru di Netflix

Kejutan dari album ini tak hanya sampai di situ. Swift awalnya merilis 16 lagu "The Tortured Poets Department" pada 19 April. Namun, dua jam kemudian, ia mengejutkan penggemar dengan mengumumkan bahwa album tersebut ternyata berisi 31 lagu alias format double album.

Sebelumnya, pada Februari lalu, Swift berhasil membawa pulang penghargaan Album of the Year yang keempat kalinya di ajang Grammy Awards untuk album "Midnights."

Platform streaming Spotify bahkan melaporkan bahwa "The Tortured Poets Department" menjadi album yang paling banyak diputar dalam sepekan, melampaui angka 1 miliar streaming.

Dominasi Swift tak berhenti di Amerika Serikat. Ia juga memuncaki tangga lagu Inggris pada Jumat (26/4). Penjualan albumnya bahkan melebihi gabungan penjualan 10 album teratas lainnya. Torehan ini sekaligus memecahkan rekor The Beatles sebagai artis tercepat yang meraih 12 album nomor satu di Inggris.

"The Tortured Poets Department" yang didistribusikan oleh Universal Music Group (UMG) menuai beragam ulasan positif dari kritikus dan penggemar.

Baca Juga: Jumlah Penonton Badarawuhi Di Desa Penari di Bioskop, Susul Film Horor Siksa Kubur

Sukses album barunya ini membawa Swift untuk melanjutkan tur Eras Tour, tur konser dengan pendapatan tertinggi sepanjang sejarah. Konser selanjutnya akan digelar di Paris pada bulan Mei mendatang.

Perilisan album "The Tortured Poets Department" semakin meramaikan persaingan di industri musik, khususnya di antara artis wanita papan atas. Sebelumnya, Beyonce telah merilis album "Cowboy Carter" pada Maret lalu. Sementara itu, Dua Lipa dan Billie Eilish dijadwalkan merilis album mereka pada bulan depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hasbi Maulana

Terbaru